Alex Noerdin : Kini Saatnya Indonesia Demam Asian Games

LintasSumsel.com, Palembang— Pelaksanaan Asian Games XVIII 2018 tinggal 107 hari lagi. Asian Games di Jakarta dan Palembang akan berlangsung 18 Agustus hingga 2 September 2018. Dari waktu yang tersisa, Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin menyatakan, sudah saatnya seluruh Indonesia demam Asian Games.

Dalam siaran pers Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sumsel kepada Republika.co.id, Gubernur Alex Noerdin, menyatakan, seluruh persiapan di Sumsel sudah tuntas. “Sekarang kami tidak lagi fokus soal venue pertandingan semata. Sebagai tuan rumah Palembang kini justru tengah berjibaku menggelorakan perhelatan tersebut kepada seluruh masyarakat agar menjadi demam Asian Games.”

Alex Noerdin menegaskan, saat ini bukan waktunya lagi bicara tentang kesiapan venue karena memang sudah harus siap. “Yang penting sekarang, apakah rakyat Indonesia tahu tentang Asian Games, apa tujuan dan manfaatnya?” jelasnya.

Menurut orang nomor satu di Sumsel, ini demam Asian Games di Indonesia tersebut sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo pada rapat terbatas persiapan Asian Games di Istana Bogor beberapa waktu lalu. “Mulai sekarang mari kita lakukan bagaimana demam Asian Games menyebar ke seluruh Indonesia. Jadi bukan lagi kita cerita perbaikan jalan, trotoar, dan lainnya,” kata Alex Noerdin.

Untuk menggaungkan Asian Games XVIII sehingga terjadi demam Asian Games, menurut Alex Noerdin, peran semua unsur media sangat penting untuk mensosialisasikan, mempromosikan, menggaungkan, dan mendemamkan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games.

Menurut Alex Noerdin, di Sumsel dirinya turun langsung ke daerah-daerah mensosialisasikan dan mempromosikan Asian Games kepada masyarakat. Gubernur Sumsel yang akan mengakhiri masa jabatannya November 2018, mengakui masih banyak yang belum mengetahui mengapa Sumsel atau Palembang menjadi tuan rumah Asian Games XVIII. Jawabannya, Sumsel bisa menjadi tuan rumah Asian Games karena daerah ini memiliki tiga syarat utama menjadi tuan pesta olahraga 45 negara Asia tersebut.

Pertama, kata Alex Noerdin, kondusivitas Sumsel yang dikenal zero conflict, tidak boleh terjadi kerusuhan antaretnis dan antar umat beragama. Kedua, Sumsel berpengalaman menyelenggarakan even olahraga internasional terhitung sejak tahun 2011 sampai saat ini sebanyak 46 kali sport even internasional diselenggarakan di Palembang.

Ketiga, Sumsel memiliki komplek olahraga Jakabaring Sport City yang memiliki fasilitas dengan 20 venue olahraga standar internasional, terpusat, dan berada di tengah Kota Palembang, serta  memiliki lima akses menuju lokasi.

Gubernur Sumsel ini meyakini, Asian Games mempersatukan bangsa Indonesia dengan cara olahraga. “Asian Games XVIII ini kesempatan sekali seumur hidup kita karena mungkin 62 tahun lagi Asian Games baru bisa kembali diselenggarakan di Indonesia,” katanya.

 

Republika.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *