Alex Noerdin Sosialisasi Asean Games Ke Pasukan Kuning

Palembang, Lintassumsel.com– Penyelenggaraan event Asian Games XVIII 2018 kurang dari tiga bulan. Gubernur Sumsel H Alex Noerdin semakin sering melakukan silaturahmi sekaligus sosialisasi pelaksanaan event olahraga terbesar di benua Asia tersebut. Seperti kemarin (22/5) sore, Alex mengadakan sosialisasi kepada pasukan kuning atau Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang di Griya Agung.

Alex Noerdin mengatakan, pelaksanaan Asian Games tidak lama lagi. “Saat itu ada 45 negara yang akan berpartisipasi,” katanya. Kota Palembang, lanjut dia, sangat beruntung menjadi tuan tumah bersama di event yang diadakan empat tahun sekali tersebut.

Apalagi, lanjut dia, seiring dengan persiapan Asian Games, terjadi pembangunan di Kota Palembang yang signifikan menjadi kota yang modern. “Jadi, Asian Games bukanlah tujuan, melainkan alat untuk mencapai tujuan,” bebernya.

Terbukti dengan adanya Asian Games, tambah Alex, banyak pembangunan yang dicapai. Seperti pengerjaan Jembatan Musi IV dan VI. Begitupun Tol Palindra yang melintasi 6 kabupaten dan 2 kota sepanjang 23 kilometer (km).

Alex juga menyampaikan total anggaran yang digelontorkan untuk persiapan pembangunan Asian Games mencapai Rp68 triliun. Anggaran tersebut berasal dari Anggaran Pembangunan dan Belanja Negara (APBN) dan penyertaan modal negara. Selain juga dari pihak ketiga dan swasta hampir Rp70 triliun. Sedangkan dana APBD Sumsel hanya Rp8,9 triliun. Itu pun tidak semuanya digunakan untuk Asian Games.

“Jadi, kalau ada yang bilang Asian Games menghabiskan duit, itu salah. Sebaliknya mendatangkan banyak dana dalam bentuk proyek-proyek insfrastruktur,” tandasnya.

Lebih jauh dikatakan Alex, seperti pengerjaan Light Rail Transit (LRT) sepanjang 23,4 km dari Bandara SMB II menuju Jakabaring Sport City (JSC) merupakan solusi bagi kemacetan. LRT ini dihubungkan 13 stasiun dan satu-satunya yang melewati sungai, yakni Sungai Musi. “LRT dibangun sebagai solusi kemacetan dan demi mendatangkan keuntungan bagi rakyat,” paparnya.

Alex mengaku, sosialisasi yang disampaikannya merupakan instruksi dari Presiden Joko Widodo. “Pemilihan Kota Palembang juga karena situasi dan kondisi di Sumsel kondusif. Tidak ada kerusuhan antarsuku dan agama alias zero conflict. Sumsel juga memiliki komitmen kuat dalam penyelenggaraan Asian Games ini,” ucapnya.

Selain itu, ungkap Alex, Sumsel juga pengalaman menjadi tuan rumah PON 2014, SEA Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013 yang dikunjungi 57 negara Islam, serta ASEAN University Games. Dengan banyak pengalaman, menunjukkan JSC semakin lama semakin baik sejak dibangun pada Oktober 2010 lalu. (cj14/ce2)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *