Gawat, Kemendagri Temukan 25 Kardus Blangko KTP Elektronik Kosong di Rumbai

Pekanbaru, lintassumsel.com – Pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Disdukcapil Dalduk KB Provinsi Riau dan Disdukcapil Kota Pekanbaru melakukan peninjauan ke gudang perusahaan konsorsium pencetakan KTP Elektronik di Rumbai Kamis (31/5/2015).Dalam kesempatan itu tim ini menemukan lima Kardus Blanko KTP Elektronik Kosong.

“Sebenarnya ini bagian dari koordinasi Dukcapil Dalduk KB Provinsi kemudian kota dan Penanggung Jawab Kemendagri untuk Riau bersama perusahaan konsorsium pencetak KTP elektronik di Pekanbaru.
”Jadi kami turun ke lapangan untuk melihat apa yang terjadi di gudang di Rumbai,” ungkap Kadisdukcapil Dalduk KB Provinsi Riau Andra Syafril, dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.
Ads
Dalam kesempatan itu menurut Andra Syafril ditemukan 25 Kardus ukuran bervariasi blanko KTP elektronik kosong dan chip-nya sudah rusak.
Harusnya blangko ini sudah dimusnahkan namun pihak perusahaan sampai saat ini belum dilakukan pemusnahan. “Jadi blangko ini pengadaan tahun 2011, ada sebanyak 25 dus, saya tidak tahu jumlah pastinya, dan rencananya dimusnahkan jelang cuti bersama lebaran, “ujar Andra Syafril.
Menurut Andra Syafril pihak konsorsium lupa memusnahkan blanko tersebut, seharusnya sudah dimusnahkan sejak lama.
Menurutnya memang blanko tersebut sudah tidak bisa digunakan.
“Harusnya oleh konsorsium sudah dimusnahkan. Ini tidak ada hubungannya dengan yang di Bogor kebetulan saja berbarengan. Sebenarnya mau melihat apakah blanko KTP elektronik itu apakah sudah ada data atau masih kosong ternyata kosong makanya diminta dimusnahkan,” beber Andra.
Kebetulan lanjut Andra Penanggung jawab Mendagri untuk Riau bidang Dukcapil berada di Riau dan kordinasi dengan perusahaan.
”Dulu itu yang bertanggung jawab untuk pencetakan KTP elektronik ini kan dipusatkan ke pihak rekanan. Kalau sekarang sudah ada pada daerah. Dan ini peninggalan masa lalu dan tidak ada masalah,” jelas Andra.
Andra juga menyebutkan pihaknya bersama Kemendagri melalui Dirjen Dukcapil akan segera memusnahkan blanko kosong tersebut. ”Akan kami musnahkan segera yang jelas sebelum Lebaran akan dimusnahkan, karena inikan sudah harus dimusnahkan,” tandasnya. ***

 

 

 

Potretnews.com

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *