Gubernur Sumsel Buka Langsung MTQ Tingkat Sumsel ke-28 di Ogan Ilir

LINTAS SUMSEL – Indralaya , Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat provinsi Sumsel ke-28 tahun 2018 resmi dimulai 27 April- 05 Mei 2018. Acara ini dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin di Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab Ogan Ilir, Tanjung Senai, Indralaya pada pukul 20.00 WIB.

Pembukaan MTQ diawali dengan defile para kafilah dari 17 Kabupaten dan kota yang diiringi oleh Drum Band dan dilanjutkan dengan pembacaan kitab suci Al-Qur’an oleh dua Qori Internasional yakni Prof. Dr. H Anis Saggaf (Rektor UNSRI) dan Prof. Dr. H. Said Agil Husin Al Munawar MA (Mantan Menteri Internasional).
\Selain itu pembukaan MTQ ke-28 Tahun 2018 juga dimeriahkan oleh Band WALI yang menjadi antusias masyarakat Ogan Ilir untuk menyaksikan pembukaan MTQ.

Dari data yang didapat ada bermacam-macam perlombaan yang di laksanakan yaitu Tilawah Qur’an bertempat di mimbar utama halaman Pemkab Ogan Ilir Tanjung Senai. Kemudian Cabang Khotil Qur’an (Kaligrafi) bertempat di Gedung serbaguna Aula Caram Pemkab OI Tanjung Senai, Cabang Tahfidz Qur’an 10 juz dan 20 juz bertempat di Mesjid Agung An-Nur Tanjung Senai.

Cabang Tartil, Tilawah cacat netra, Tilawah Qira’at Murrattal Remaja dan Qira’at Murrattal dewasa di Mesjid Kubro Indralaya. Cabang Menulis Makalah Al Qur’an (MMQ) bertempat di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Sakatiga.

“Sementara cabang Tafsir Qur’an Bahasa Indonesia dan Tafsir Qur’an Bahasa Inggris mengambil tempat di MAN Sakatiga,” ujar Ansyori selaku pelaksana kegiatan.

Serta dibukanya Pameran Stand produk Unggulan yang diselenggarakan sebagai bagian dari perhelatan akbar MTQ XVIII Tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang ditandai dengan pengguntingan Pita oleh orang nomer satu di Bumi Caram Seguguk. Jum’at (27/04/2018)

Menurut Alex Noerdin, MTQ merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat di bangsa Indonesia, sehungga diharapkan kegiatan keagamaan sebagai media dakwah dan pendorong percepatan pembangunan dan lantunan kalam Ilahi mampu menciptakan religious pada masyarakat Indonesia.

“ Semoga Ogan Ilir sukses menyelenggarakan MTQ XVIII tingkat Provinsi, baik dalam menyelenggarakan maupun dalam prestasinya” Ujar HM Ilyas Panji Alam selaku Bupati Ogan Ilir.

Sumber : http://sumsel.tribunnews.com/2018/05/04/gubernur-sumsel-buka-langsung-mtq-tingkat-sumsel-ke-28-di-ogan-ilir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *