Kecewa Ganjar , Buruh Dukung Sudirman Ida

lintassumsel.com, Semarang, . Ribuan buruh tergabung Aliansi Gerakan Buruh Berjuang (Gerbang) menyatakan diri memberikan dukunganya kepada Calon Gubernur dan

Prabowo: Saya Percaya Sudirman Said!

“Pilkada ini penting banget buat kami kawan-kawan buruh untuk bisa berpartisipasi, mensukseskan dan menjaga iklim kondusif. Kami bersama kawan-kawan gerakan buruh berjuang Jawa Tengah dari KSPN, SPN, PPMI, KEP, FARKES, KAUTINDO, SPMI, ASPEK, SPI dan SPPLM. Kalau bicara soal ferifikasi keanggotaan ada 180 ribu anggota yang kita miliki dari 10 federasi ini,” tegas Ketua Aliansi Buruh Gerbang Nanang Setiyono kepada awak media di sela-sela Acara Muswil III Gerbang di Hotel Siliwangi, Kota Semarang, Jateng, Sabtu (21/4).

Acara Muswil buruh ini dihadiri oleh Cagub Sudirman Said yang diundang khusus untuk menyaksikan dan mendengarkan pernyataan sikap serta keinginan para buruh di Jawa Tengah yang menginginkan perbaikan dan memperjuangkan kesejahteraan mereka.

Sebanyak 500 buruh perwakilan hadir juga untuk menyatakan sikap dan mendengarkan keinginan pasangan Cagub dan Cawagub Sudirman Said-Ida Fauziah dalam rangka memperjuangkan nasib buruh jika terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Nanang menyatakan, penting bagi Aliansi Buruh Gerbang membawa kemana, suara 180 ribu anggotanya ditambah dengan keluarganya nanti. Tercatat sekitar 500 ribu voter yang kami potensi yang dimiliki.

“Angka 5000 ini tentunya bagi kami sangat penting dalam menentukan pilihan Pilkada di Jawa Tengah ini,” ujarnya.

Nanang mengungkapkan, a ada beberapa pertimbangan memilih hari ini kawan-kawan buruh dari Aliansi Buruh Gerbang mendukung Sudirman Said.

“Pertama, kami melihat ada kegagalan di dalam beberapa bidang dan program kerja yang dicanangkan oleh incumbent. Misalnya, di bidang pertanian, bagaimana gagalnya kartu tani yang tidak bisa membawa petani lebih sejahtera, mendapatakan akses mudah untuk pupuk, mendapatkan akses penjualan hasil untuk pertanianya. Kemudian, kawan-kawan nelayan juga gagal di dalam mendapatkan akses BBM dan penjualan hasil tangkapan ikanya. Kemudian di bidang pengentasan kemiskinan, lapangan kerja yang juga sangat minim,” ungkap Nanang.

Belum ditambah lagi, beber Nanang, khusus di bidang perburuhan pihaknya menilai incumbent, dinilai sangat gagal untuk meningkatkan kesejahteraan buruh yang ada di Jawa Tengah.

“Mulai dari persoalan upah murah yang tidak bisa diselesaikan oleh incumbent, persoalan perumahan subsidi yang terjangkau dengan upah murah, persoalan transportasi, pendidikan bagi buruh yang masih banyak rendah. Serta persoalan pelanggaran hukum ketenagakerjaan yang dilakukan oleh pengusaha kemudian dilaporkan ke Pemprov Jateng, bukan berarti bola kesalahan ini dilempar ke Dinas Tenaga Kerja, tetapi Gubernur Jawa Tengah harus berani menjadi eksekutor untuk penegakan hukum ketenagakerjaan,” bebernya.

Nanang berharap dengan mendukung Cagub Sudirman Said bisa menyelesaikan persoalan kesejahteraan buruh yang sampai saat ini belum bisa terselesaikan.

“Salah satu pertimbangan kami mendukung Sudirman Said tokohnya yang bersih, tidak korup, kemudian yang kedua tokohnya santun, pengalamanya yang begitu mumpuni, kami tahu trackrecord-nya kami sangat paham sekali. Kedua, pertimbanganya 22 janji kerja Sudirman Said itu telah mengakomodir kepentingan kami, khususnya dibidang kesejahteraan sosial tadi,” ujarnya.

Nanang menambahkan, masalah dukungan bukan soal program saat ini. Selama lima tahun terakhir, jangankan berbicara kebijakan yang mendukung tetapi berbicara soal proses kebijakan dibuat dan dirumuskan itu juga menjadi masalah.

“Bicara proses kebijakan tidak hanya goalnya tetapi bagaimana tahapannya yang bisa mengakomodir, yang bisa aspiratif kepada kami. Kalau soal janji yang disampaikan, kami sudah merasakan bagaimana lima tahun ini dilayani,” pungkasnya. [hen]

Rmoljateng.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *