Komisioner KPU Privinsi Sumsel Divisi SDM dan Parmas Ahmad Naafi SH Mkn menyatakan surat suara pada pemilihan gubernur/wakil gubenur Sumsel sudah mulai dicetak 15 Mei 2018.

Lintassumsel.com, Palembang, Komisioner KPU Provinsi Sumsel Divisi SDM dan Parmas Ahmad Naafi SH MKn menyatakan surat suara pada pemilihan gubernur/wakil gubernur Sumsel 2018 sudah mulai dicetak 15 Mei 2018 lalu.

Proses Percetakan yang dilaksanakan PT Temprina Bekasi ini akan memasuki masa Finishing 28 Mei 2018 mendatang.

Menurut Ahmad Naafi, pencetakan surat suara ini setelah melalui lelang katalog.

Sementara monitoring terhadap proses ini termasuk pengamanan surat suara menggunakan microtext di setiap surat suara sudah dilakukan oleh komisioner KPU Sumsel.

“Monitoring rutin sudah dilakukan oleh komisioner didampingi aparat polda dan sekretariat yang ditunjuk dan insyaallah sesuai rencana akan memasuki finishing hingga 28 Mei mendatang sekaligus pengepakan,” ungkap Ahmad Naafi .

Selanjutnya, kata Ahmad Naafi, dilakukan pengiriman langsung oleh perusahaan menuju 17 kabupaten/kota di Sumsel mulai 30 Mei sampai dengan 2 Juni 2018.

Sementara itu Ketua KPU sumsel H Aspahani mengatakan surat suara akan disebar di KPU kabupaten/kota sebelum didistribusikan kepada PPK dan PPS hingga KPPS.

Beberapa perlengkapan TPS lanjut Aspahani bahkan ada yang telah diterima oleh KPU Kabupaten/kota di Sumsel.

Aspahani yang juga komisioner divisi Keuangan dan Logistik mengatakan, berdasarkan pantauan mereka di percetakan, proses pencetakan surat suara tengah berlangsung, ada beberpa persen surat suara yang telah selesai dicetak, sudah bisa dikirim ke Sumsel kemudian didistrubusikan ke masing-masing daerah untuk disortir dan dilipat” jelasnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan, proses pencetakan surat suara diawasi langsung oleh tim dari KPU Sumsel, Bawaslu dan pihak kepolisian, hingga pengiriman ke Sumsel.

“Saat penyortiran dan pelipatan nanti, tim dari maaing-masing pasangan calon juga dilibatkan,” katanya.

Dia menambahkan surat suara dicetak berdasarkan design yang sebelumnya telah ditanda tangani oleh masing-masing pasangan calon.

Jumlah surat suara yang dicetak sesuai angka Daftar Pemilih Tetap (DPT) 5.649.682 lembar ditambah 2,5 persen untuk surat suara tambahan.

“Surat suara akan didistribusikan ke 16.899 TPS di 17 kabupaten/kota, 234 kecamatan dan 3.238 desa/kelurahan,” paparnya.

 

 

Sripoku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *