Pulangkan Semua TKA Unskill Ke Negerinya

 

OLEH: RATNA SARUMPAET

PADA #MayDay2018 di seluruh Indonesia puluhan (mungkin ratusan) ribu buruh memekik menolak tenaga kerja asing (TKA) unskill (tidak terampil), terutama yang dari Tiongkok.

Sesuai hasil investigasinya yang menunjukkan adanya ‘maladministrasi’ dalam pelaksanaan Perpres Nomor 20 Tahun 2018, Ombudsman sudah meminta pada pemerintah agar segera memulangkan semua TKA Unskill.

Kedatangan Perdana Menteri China, Li Keqiang di Jakarta keesokan harinya, yang secara tegas dan di hadapan Presiden RI, Pak Jokowi meminta pada para Investor China di Indonesia agar mengutamakan pekerja lokal, menjadi sangat penting dan memberi harapan.

Namun, ketika kebisingan protes tentang TKA unskill mulai tak terdengar, aku mengira Presiden Jokowi sudah memerintahkan pada jajarannya memulangankan semua TKA unskill ke negaranya, dan mengira Menteri Tenaga Kerja dan lembaga-lembaga terkait telah secara diam-diam melaksanakannya, ternyata tidak.

Di tengah tersedotnya perhatian dan pikiran kita pada kasus terror bom bunuh diri di Surabaya, buruh-buruh Unskill dari Tiongkok yang kembali diam-diam mengepung Indonesia mulai merebak dalam bisik-bisik.

Bagi saya pribadi berita itu tidak sekedar kasak-kusuk. Paling tidak di Morowali, di wilayah yang saya (Ratna Sarumpaet Crisis Center) tangani, itu .

 

RMOL.COm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *