Tommy, Papua dan Jejak Sukses Soeharto di Bumi Cendrawasih

LINTASSUMSEL.COM – Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra akrab dipanggil Tommy Soeharto setiba di Wamena, kabupaten Jayawijaya, propinsi Papua, Sabtu (08/09) menerima penghargaan secara adat rakyat Papua dari masyarakat Okikha di Wamena.

Tommy disambut Kepala Suku yang memberikan Penghargaan mahkota candrawasih kepada Tommy Soeharto. Pada acara kunjungannya, Tommy juga diundang untuk mengikuti acara adat “Bakar Batu” dibarengi makan daging kambing bersama dengan kepala suku.

Tradisi bakar batu merupakan salah satu tradisi penting di Papua yang berupa ritual memasak bersama-sama warga satu kampung yang bertujuan untuk bersyukur, bersilaturahim mengumpulkan sanak saudara dan kerabat untuk menyambut kebahagiaan, dan bagi warga setempat kehadiran Tommy Soeharto merupakan kebahagian tersendiri bagi rakyat bumi Cendrawasih itu. Tommy akan berada di Papua seminggu lamanya dan akan melakukan pertemuan dengan kepala-kepala Suku di Papua.

Papua memiliki potensi yang besar untuk pengembangkan ekonomi kerakyatan, khususnya pertanian dan peternakan, tentunya potensi itu sejalan dengan konsep ekonomi kerakyatan yang diusung Partai Berkarya besutan Tommy.

Rangkaian kunjungan Tommy kali ini dimaksudkan untuk memberikan bantuan dan peningkatan kemampuan ketrampilan teknologi kepada masyarakat di bidang pertanian dan peternakan, demi menciptakan kemandirian rakyat setempat.

Masyarakat melihat Tommy tak ubahnya melihat Soeharto, dan masih melekat diingatan rakyat Papua saat pak Harto pada tahun 1994 meresmikan panen raya di Merauke. Panen Raya yang menjadi momen istimewa bagi Presiden Soeharto dan Rakyat Papua kala itu, karena dengan tercapainya hal tersebut maka semakin mengukuhkan Indonesia sebagai negara yang mampu mempertahankan swasembada pangan, sebagai bangsa yang berdaulat penuh dan dapat memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri, bahkan hingga mampu mengekspor 100.000 ton beras ke Vietnam.

Bayak doa dan harapan dari rakyat Papua dalam rangkaian kunjungan Tommy Soeharto, karena bagi rakyat Papua apa yang dibawa Tommy kali ini sejalan dengan apa yang dicita-citakan presiden Soeharto untuk Indonesia dan rakyat Papua khususnya. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *